Luar Biasa Nasihat orang Arab Kepada Putranya


Wahai Putraku …
Janganlah engkau berbicara dalam banyak urusan ..
Agar engkau menjadi seorang yang berwibawa di hadapan manusia..
Bila seseorang membawa berita, carilah buktinya sebelum engkau berbicara..
Hati-hati dengan isu .. jangan mudah percaya apa yang dikatakan, Dan jangan pula engakau percaya sesuatu yang tidak sepenuhnya engkau lihat..
Dan jika engkau mengalami cobaan seorang musuh.. balaslah dengan cara berbuat baik kepadanya .. tolak dengan cara yang baik, maka permusuhan berubah menjadi kasih sayang..
Jika engkau hendak menilai kejujuran seseorang, ajaklah ia pergi bersama .. di dalam perjalanan jati diri seeorang akan terungkap ..
“bepergian itu disebut juga Musafir berfungsi untuk mengungkap yang tertutup,
Jika engkau dikritik oleh banyak orang sementara engkau berada dalam kebenaran..
bergembiralah .. karna seharusnya mereka  sedang berkata: “engkau orang yang sukses dan berpengaruh”
· "Hanya pohon yang berbuah yang dilempar orang"
Wahai puteraku ..
Jika engkau hendak mengkritik seseorang, jangan memandang orang lain seperti mata lalat, biasakan melihat orang lain dengan mata lebah.. sebab engkau akan terjatuh kepada perkara yang buruk!!
wahai puteraku..
Biasakan Tidur malam lebih awal, agar engkau bisa bangun pagi lebih awal.. Karena keberkahan Rizki ada di pagi hari, sebab saya khawatir kehilangan mendapatkan rizki Allah yang Maha Pengasih, bila engkau begadang di malam hari, sehingga tidak bisa bangun pagi lebih awal!!
Akan aku Kisahkan kepadamu kisah seekor kambing dan serigala, agar engkau nyaman dari orang yang berbuat makar .. Saat seseorang memberikan Masehatnya kepadamu, jangan sampai engkau  mengkhianatinya!
Aku ajarkan Kepadamu bahwa singa itu menjadi raja hutan Bukan karena aumannya!! auuwwww..
Akan tetapi, karena ia memiliki jiwa tinggi! Ia Tidak mau memakan makanan hasil buruan binatang lain, betapapun ia dalam keadaan lapar.. jangan mencuri hasil keringat susah payah orang lain .. sebab itu terlalu keji!
Sekarang aku ajak engkau menemui bunglon .. supaya engkau melihat sendiri bagaimana tipu dayanya! Ia merubah warnanya menyesuaikan sesuai tempat ia berada .. supaya engkau paham bahwa orang yang tingkahnya seperti bunglon itu banyak.. Dan bahwasanya Diantaranya ada orang-orang munafik .. banyak pula manusia yang berganti-ganti pakaian Untuk Terlihat baik dimata orang..
Wahai puteraku ..
Engkau Harus Selalu bersyukur kepada Allah Yang Maha Penyayang! Selagi Engkau Masih Bisa Bernafar, Apalgi Engkau Masih Bisa berjalan,  melihat,  dan mendengar, sebab Allah SWT akan menambahKan Nikmat Pada orang-orang yang bersyukur..
Wahai puteraku ..
Tahukah Engkau bahwa sifat utama yang paling Mulia dalam kehidupan ini adalah sifat jujur!
Sekalipun kebohongan memberi keselamatan .. namun Kejujuran lebih berakhlaq bagimu! Dan bagi orang yang sepertimu!
Wahai puteraku …
Persiapkan Dirimu untuk Pekerjaan Yang Halal .. agar engkau tidak mencari jalan yang Haram! Gunakan Setiap peluang .. Mungkin Kesempatan yang datang sekarang .. bisa jadi tidak akan terulang!!
Wahai putraku...
Janganlah Berputus asa.. aku harap engkau selalu optimis, siap menghadapi kehidupan ..
Jauhilah orang-orang yang pesimis, Hindari mereka! Dan jangan sampai engkau bergaul dengan Seseorang yang selalu memandang sial Segala sesuatu!!
Wahai putraku...
Jangan senang melihat orang lain terkena musibah .. jangan pula mengejek sesorang dari bentuk fisiknya..
Sebab dia tidak menciptakan dirinya .. jika engkau menghina orang lain, sebenarnya engkau telah menghina ciptaan Allah Maha Mencipta dan Membuat bentuk rupa...
Wahai Putraku..
Jangan sesekali membuka aib orang lain, sebab Allah akan membuka aibmu di rumahmu .. sebab Allah-lah Dzat yang menutupi .. dan mencintai orang yang menutupi!
Jangan pernah menzhalimi Mahkluk Allah.. dan jika engkau hendak menzhalimi sesuatu. ingatlah bahwa Allah SWT lebih mampu atas segala sesuatu!
Wahai Putraku...
Bila engkau merasa hatimu keras, selalu usaplah kepala anak yatim .. maka engkau akan terheran-heran .. karena usapan itu dapat menghilangkan rasa keras hati, seakan hatimu menjadi lunak dan cair..!
Jangan Berdebat .. Sesungguhnya Didalam perdebatan kedua pihak akan rugi.
Kalau engkau yang kalah, kita rugi karena telah kehilangan kebesaran kita, jikapun kita menang, kita juga merugi, telah kehilangan orang yang menjadi lawan debat kita ..
Wahai putraku..
Jangan monopoli pendapat .. jika engkau merasa bahwa pendapatmu benar .. tegarlah dan jangan terpengaruh. yang bagus adalah engkau mempengaruhi dan dipengaruhi!
Hanya saja, jangan larut dalam pendapat banyak orang lain..
Wahai puteraku ..
Engkau Mampu merubah keyakinan seseorang .. dan menguasai Hati kecil mereka tanpa engkau sadari! Bukan dengan hipnotis, bukan pula dengan sihir.. namun, dengan senyumanmu .. dan tutur katamu yang lembut .. dengan keduanya, engkau bisa menguasai!!
Oleh karena itu, Seringlah tersenyumlah .. Sungguh maha suci Allah yang telah menjadikan senyuman sebagai Salah satu ibadah dalam agama kita, dan kita menambah pahala dengan tersenyum!!
Tahukah Engkau Di Cina .. Hanya Orang Yang murah senyum yang mendapat Lisensi Untuk membuka kedai.
Jika tidak ada orang yang tersenyum kepadamu, Maka tersenyumlah engkau kepadanya!
Wahai putraku...
Jika ada orang meragukanmu, bela dirimu .. jelaskan dengan Baik dan santun, dan beri keterangan pembenarannya!
Jangan suka mengenduskan hidungmu dalam segala urusan .. jangan pula ikut-ikutan,
Wahai puteraku ..
Jangan bersedih terhadap apa yang terjadi dalam kehidupan ini! Sebab kita tidak diciptakan kecuali untuk cobaan dan ujian.. sehingga Allah melihat ketulusan hati kita menghadapinya.. adakah kita bersabar?
oleh Karena itu .. bersabarlah .. jangan keruh hati! Yakinlah bahwa tidak menguji kita diluar batas kemampuan kita..
“Dibalik mendung yang hitam, Ada harapan pertanda hujan”!!
Jangan terbawa ke masa lalu, yang lalu biarlah berlalu ..
Persiapkan untuk hari esok .. dan singsingkan lengan baju untuk menghadapinya!!
Yang Terakhir...
Jangan sekali-kali menyepelekan potensi dirimu!! Sebab engkau akan menjadi besar saat engkau ingin besar .. Keputusan ada padamu untuk menjadi besar atau kecil.
---------------------------------------------------------
Alm. Yoyoh Yusroh Komisi I DPR RI
(tulisan diatas kami dapatkan di note seorang teman di Facebook)

Related Posts:

0 Response to "Luar Biasa Nasihat orang Arab Kepada Putranya"

Post a Comment